Minggu, 28 Juli 2013

Cara Belajar Maksimal

BeritaUnik.net – Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal

Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

2. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

3. Mencatat pokok-pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

4. Hapalkan kata-kata kunci

Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

7. Bentuk Kelompok Belajar

Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Latih sendiri kemampuan kita

Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari

Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu untuk istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

Sumber:
http://www.beritaunik.net/tips-trik/10-tips-belajar-pintar.html

BB Vs Android

Bicara mengenai BlackBerry vs Android,
Siapa yang tak kenal BlackBerry, gadget berteknologi tinggi yang kini hampir menguasai pasar smartphone di Indonesia, Research in motion (RIM) sebagai vendor resmi BlackBerry mengklaim bahwa 15% penggunanya berasal dari Indonesia, lebih dari 7 juta penduduk di negara yang memiliki pangsa pasar terbaik di Asia Tenggara ini meggunakan BlackBerry Massager dalam kesehariannya, di kamar mandi, di tempat tidur, di meja makan bahkan dalam meeting penting di kantor-kantor, tangan-tangan lentik komunitas ini tak henti-hentinya merangkai kata, hanya nyetir yang bisa menghentikan para pecinta chatting dari kegiatan BBM-an.
BlackBerry vs Android
Add caption
Lain halnya dengan para pengguna Android yang dari segi kuantitas masih sedikit di banding pengguna BlackBerry, hanya kalangan tertentu saja yang biasanya senang ngotak-ngatik applikasi nge-games dan browsing yang menggunakan layanan berlambang robot ijo ini, lalu apa sebenarnya kekurangan dan kelebihan dari kedua teknologi ini.

Perbandingan BlackBerry vs Android

Dari segi feature BackBerry memiliki push email dan BlackBarry Massager yang sudah sangat digemari orang-orang yang suka gaul, meskipun Android juga punya applikasi sejenis seperti LiveProfile atau WhatsApp Messeger tapi BBM jauh lebih populer dan dianggap gaya, dan katanya tingkat security nya pun lebih baik karena memliliki server yang dikelola sendiri.

Dari segi handheld Android menyediakan banyak pilihan dari yang murah dan sederhana sampai yang high-end dan harganya selangit, berbagai merk smartphone sudah menggunakan system operasi ini sehingga pengguna lebih leluasa menentukan pilihannya sesuai kocek yang ada, sementara BlackBerry tidak seperti itu meskipun memiliki banyak versi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Android berbasis open sources yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan banyak applikasi yang diperlukan oleh para penggunanya termasuk game-game menarik yang setiap saat bisa di download dari Google Play.

Pada akhirnya semuanya diserahkan pada anda selaku pengguna smartphone, bagi yang senang gaul dan chatting ada baiknya menggunakan BBM nya BlackBerry yang handal dan memiliki komunitas yang luas, sementara bagi anda yang senang nge games dan ngoprek applikasi, pertimbangkan untuk memakai handset yang berkualitas tinggi namun murah yang menggunakan Android sebagai system operasinya.

Bagi yang memiliki pandangan serta pengalaman lain tentang BlackBerry VS Android silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat.

Keuntungan Mesin Diesel



Secara garis besar, jenis mesin pada kendaraan dibedakan menjadi dua yakni mesin diesel dan mesin bensin. Meskipun pada dasarnya, baik mesin diesel maupun mesin bensin adalah sama yakni sama-sama merupakan penggerak pada sebuah kendaraan, tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mesin kendaraan tersebut. Nah, Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mesin diesel bila dibanding mesin bensin:

Kelebihan mesin diesel dibanding mesin bensin

1. Mesin diesel memiliki efisensi terhadap panas yang besar bila dibandingkan dengan mesin bensin. Tentunya Hal tersebut dapat lebih menghemat penggunaan bahan bakar (solar) daripada bensin pada mesin bensin.
Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel dibanding Mesin Bensin
gambar dari panjimitiqo.wordpress.com

2.  Umumnya, mesin diesel lebih tahan lama dan tidak membutuhkan electric igniter. Hal ini berarti bahwa kemungkinan terjadinya kesulitan tentu lebih kecil dari pada mesin bensin.

3. Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Itu artinya mesin diesel lebih fleksibel dan lebih mudah dioperasikan bila dibandingkan dengan mesin bensin dan karena hal inilah mesin diesel umum digunakan untuk kendaraan-kendaraan besar.

Adapun kelemahan mesin diesel dibanding mesin bensin adalah sebagai berikut :

1. Suara dan getaran pada mesin diesel jauh lebih besar dibanding suara dan getaran pada mesin bensin. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan pembakaran maksimum pada mesin diesel hampir dua kali lebih besar daripada mesin bensin.

2. Karena tekanan pembakarannya lebih besar dari pada mesin bensin, maka mesin diesel harus dibuat dengan menggunakan jenis bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi, selain itu, bahan yang digunakan juga harus memiliki struktur yang kuat. Hal ini berarti bahwa untuk daya kuda yang sama, mesin diesel memiliki bobot yang jauh lebih berat dibanding bobot mesin bensin, dan tentunya biaya pembuatannya pun juga pasti lebih mahal daripada biaya pembuatan mesin bensin.
3. Harga mesin diesel lebih mahal dibanding harga mesin bensin, selain itu, mesin diesel juga membutuhkan perawatan atau pemeliharaan yang lebih cermat daripada mesin bensin. Anda tahu mengapa? Sebab Mesin diesel membutuhkan sistem injeksi bahan bakar yang lebih presisi dibanding sistem injeksi pada mesin bensin.

4. Mesin diesel memerlukan alat pemutar berupa motor starter dan baterai yang berkapasitas lebih besar untuk memutarnya. Hal tersebut disebabkan karena mesin diesel memiliki perbandingan kompresi yang lebih tinggi dari pada mesin bensin. 

Sumber: http://tips-otomotif-terbaru.blogspot.com/2013/03/keunggulan-dan-kekurangan-mesin-diesel.html

Jumat, 05 Juli 2013

10 Temuan Mesin Otomotif Terbaik Di Dunia -

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang besar pada kehidupan manusia khususnya dunia otomotif. Dimulai dari mobil Ford model T dengan mesin 2 stroke yang dirilis tahun 1908, hingga mobil dengan teknologi hybrid. Berikut 10 Temuan Mesin Otomotif Terbaik Di Dunia yang sangat berpengaruh pada kemajuan teknologi. 

1. Hybrid Engine

Teknologi mesin yang paling mutakhir adalah mesin hybrid. Hybrid merupakan sebuah motor listrik yang tergabung dengan mesin berbahan bakar bensin untuk mencapai angka ekonomi bahan bakar yang tinggi dan ramah lingkungan. Namun, teknologi baru ini menghabiskan biaya yang cukup mahal. Contohnya pada Toyota Prius.

2. Clean Diesel

Beberapa mesin diesel yang dibuat oleh perusahaan seperti Volkswagen, Mercedes-Benz, BMW, dan Volvo mengandalkan pengembangan mesin seperti turbocharging dan injeksi bahan bakar sistem common rail plus aplikasi katalitik agar gas buang lebih bersih. Hasilnya bahan bakar lebih irit dan lebih bersih emisinya.

3. On Board Engine Computer



Sistem ini biasa disebut Electronic Control Unit (ECU) yang mengontrol semua proses dalam mesin agar berjalan dengan baik. ECU membuat bahan bakar lebih irit dan lebih mudah dalam mendiagnosa masalah pada mesin. Biasanya sudah digunakan pada mobil yang menganut sistem injeksi. Contohnya pada mobil-mobil sekarang ini.

4. Variable Valve Timing
Teknologi ini membuat aliran udara dan bahan bakar masuk dan keluar dari katup bisa diperlambat atau dipercepat sesuai kebutuhan. Masing-masing pabrik punya nama sendiri. Seperti Honda dengan VTEC, Toyota memiliki VVT-i, BMW Valvetronic atau VANOS dan lainnya. Memberikan kinerja maksimal dalam berbagai kondisi putaran mesin.

5. Dual Overhead Chamshaft
DOHC atau Dual Overhead Camshaft. Camshaft adalah bagian dari valvetrain mobil Anda. Merupakan sistem untuk mengontrol buka tutup katup bahan bakar dan udara ke dalam silinder. Mesin DOHC memiliki dua camshaft , untuk katup masuk dan buang. sehingga debit BBM yang masuk akurat.

6. Aluminium Engine Block
Beberapa tahun terakhir, banyak mobil menggunakan blok mesin berbahan aluminium. Tujuannya agar bobot mobil lebih ringan, sehingga lebih efisien. Selain itu mesin ini lebih mudah melepas panas. mesin ini bisa memuai pada suhu udara yang panas. Contohnya banyak digunakan pada mobil balap.

7. Direct Injection
Setelah fuel injection, tahap selanjutnya adalah direct injection atau injeksi langsung. Bahan bakar disemprotkan langsung ke ruang pembakaran, sehingga pembakaran lebih sempurna dan efisien. Namun, terkadang mesin injeksi langsung dapat menyebabkan penumpukan simpanan karbon pada katup intake, yang pada akhirnya menjadikan mesin bermasalah. Contohnya pada All New Lexus GS450h.

8. Fuel Injection
Akhir 1980-an karburator sebagai penyalur bahan bakar digantikan oleh sistem injeksi. Bahan bakar disemprotkan melalui intake manifold, tidak langsung keruang bakar Membuat respon throttle lebih baik sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien.

9. Forced Induction
[lihat.co.id] - Dalam sistem ini udara dimasukan ke dalam ruang pembakaran melalui turbocharger dan supercharger pada tekanan yang lebih tinggi dari biasanya. Sehingga membuat kompresi dan tenaga yang lebih besar pula. Namun teknik ini pada masa itu membuat mobil lebih boros bahan bakar. Contohnya pada Mini Cooper S turbocharger dan Porsche 911 Turbo atau Corvette ZR-1.

10. Four-Stroke Engine
Four-stroke engine atau mesin 4 tak mulai dikembangkan awal tahun 1800-an. Mesin 4 tak bekerja dengan 4 langkah yang diawali dengan asupan, kompresi, kekuatan, sampai gas buang yang terjadi ketika piston bergerak naik dan turun sebanyak 2 kali. Teknologi ini lebih hemat bahan bakar dan minim polusi. Namun, mesin yang rumit membuat biaya produksi menjadi cukup mahal. Contohnya pada mobil Chevrolet 427.

Warna Asap Knalpot Menentukan Kondisi Mesin Kendaraan

Warna Asap Knalpot


 
Asap yang dikeluarkan knalpot mobil bisa berbeda-beda, hal ini karena kondisi mesin juga berbeda. Bisa juga warna asap knalpot menentukan beberapa kerusakan komponen mesin kendaraan.
Jika melihat asap buang knalpot dengan warna berbeda, seharusnya memperhatikan hal tersebut untuk mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi pada kendaraan.
Untuk itu ada beberapa warna asap knalpot yang bisa kita jadikan acuan mengetahui kondisi mesin kendaraan. 

Hitam
Asap knalpot hitam mengartikan mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros). Hal pertama yang harus Anda periksa adalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator.
Asap hitam biasanya mudah untuk diketahui dan diperbaiki, tapi borosnya bahan bakar pasti akan merugikan.

Putih
Munculnya asap putih masih aman selama sifatnya masih tipis. Itu normal dari hasil penumpukan kondensasi di dalam sistem pembuangan. Asap semacam ini dapat menghilang dengan cepat.
Namun jika sifatnya tebal berarti ini masalah yang disebabkan oleh mesin yang membakar coolant. Ini bisa jadi hasil kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak dan semuanya butuh perbaikan yang cukup mahal.
Jangan pernah mengabaikan masalah asap berwarna ini. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin.

Kebiruan
Jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna biru, itu menandakan bahwa mesin mobil membakar oli mesin. Penyebabnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.
Jika melihat asap seperti ini, periksa oli mobil secara teratur dan perhatikan pemakaiannya. Kerusakan yang nantinya ditimbulkan bakal membutuhkan biaya banyak dan harus segera ditangani. Oli yang bocor juga dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi kasar hingga akhirnya dapat merusak busi dan komponen lainnya.

Jika mobil sudah berumur namun minim kebocoran, mobil tersebut dapat dirawat dengan mengganti oli secara teratur. Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil harus diganti
Sumber: Otosia.com

Rabu, 03 Juli 2013

10 Gejala HIV





Gejala HIV – Seperti yang kita ketahui penyakit HIV Sampai sat ini masih belum ada obatnya, penyakit HIV pun menjadi penyakit yang paling menakutkan bagi semua orang.

Orang yang terinveksi HIV biasa akan menimbulkan gejala gejala namu gejala ini akan timbul dalam jangka waktu yang lama.


Agar kamu lebih mengenal penyakit HIV berikut ini ada beberapa gejala gejala terinveksi penyakit HIV/AIDS yang perlu diwaspadai. Ingin tahu gejala apa aja itu simak 10 Gejala HIV Yang Perlu Diketahui berikut ini.


1. Demam ringan (sekitar 39 derajat Celcius)Anda sering mengalami demam ringan yang disertai dengan gejala, seperti kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan.


2. KelelahanRespon inflamasi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan Anda merasa lemah dan lesu. Kelelahan dapat menjadi tanda awal dari HIV lho.


3. Nyeri pada persendian, otot, dan kelenjar getah beningKelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan dapat meradang ketika terjadi infeksi. Kelenjar ini biasanya berada di pangkal paha, leher, dan ketiak.


4. Sakit tenggorokan dan kepalaSakit tenggorokan dan kepala menjadi gejala awal yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi HIV. Meski begitu, tidak semua orang mengalami gejala tersebut.


5. Ruam kulitRuam kulit bisa muncul pada awal atau akhir infeksi HIV/AIDS. Gejala awal tampak seperti bisul atau ruam di beberapa bagian tubuh.


6. Mual, muntah, diare30% sampai 60% orang yang terinfeksi mengalami mual, muntah, atau diare pada gejala awal HIV.


7. Penurunan berat badanPenurunan berat badan bisa menjadi tanda infeksi telah meningkat atau akibat diare. ODHA tetap akan kehilangan berat badannya secara drastis meskipun banyak makan.


8. Batuk keringBatuk kering adalah tanda awal dari gejala HIV. Ini bisa berlangsung selama setahun dan menjadi semakin parah.


9. Berkeringat di malam hariSebagian orang sering kali berkeringat di malam hari selama tahap awal infeksi HIV.


10. Perubahan kukuTanda lain dari infeksi HIV adalah perubahan kuku, seperti perubahan warna atau penebalan. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun akan lebih rentan terhadap infeksi jamur.


Nah itulah beberapa gejala jika terinveksi HIV AIDS yang perlu diwaspadai jika kamu mengalami gejala diatas sebaiknya segera hubungi pusat pelayanan kesehatan HIV sebelum penyakit ini mengambil nyawa kamu.


Sumber : http://palingseru.com/13990/10-gejala-hiv-yang-perlu-diketahui

7 Fakta Perlu Diketahui Tentang Fenomena Supermoon

Headline


Fenomena Supermoon, yakni bulan yang menjadi lebih besar sekitar 10% hingga 14% dan lebih terang sekitar 30% dari sebelumnya ketika berada di titik terdekat dengan Bumi, akan terjadi pada malam hari ini, Minggu (23/6).
Berikut tujuh fakta yang perlu diketahui tentang Supermoon:

1. Tidak akan menghancurkan Bumi

Meskipun dipercayai terkait dengan bencana dan kiamat oleh sebagian orang, Supermoon pada kenyataannya tidak akan menghancurkan Bumi.

Supermoon terjadi ketika bulan berada pada titik di orbit yang terdekat dengan bumi. NASA menyebut fenomena ini normal karena bulan tetap berada pada elips orbit, dan tidak akan membuat keluarnya orbit Bumi.

2.Tidak akan menyebabkan bencana

Selama terjadinya fenomena ini, matahari, Bumi dan bulan berdiri sejajar. Daya gravitasi yang dilemparkan dari bulan dan matahari ke Bumi pada saat pensejajaran itu akan menyebabkan pasang surutnya permukaan air laut di Bumi.

Inilah yang membuat sejumlah orang percaya bahwa ada hubungan antara fenomena Supermoon dan terjadinya bencana. Namun ternyata peningkatan air pasangnya tidak signifikan.

Menurut NASA, pasang atau naiknya permukaan air laut selama fenomena supermoon adalah hanya beberapa inci dari kondisi normal.

3. Tidak akan berpengaruh terhadap perilaku manusia

Ada mitos bahwa fenomena ini dapat menyebabkan manusia menjadi gila atau bertingkah laku aneh. Namun tidak demikian adanya. Penelitian menunjukkan bahwa fenomena bulan penuh apapun tidak akan mempengaruhi perilaku manusia.

Bulan purnama dan Supermoon tidak akan membuat gangguan kejiwaan, peristiwa pembunuhan atau kejahatan lainnya.

4. Jarak bumi dan bulan di tiap Supermoon dapat berbeda

Periode perigee antara Bumi dan bulan dapat bervariasi sebanyak diameter bumi. Rata-rata, jarak bulan dengan Bumi sekitar 30 diameter bumi.

Gravitasi dari matahari adalah yang menyebabkan Bumi dan bulan tertarik ke dalam kesejajaran yang lebih dekat, ini menyebabkan variasi pada orbit.

5. Supermoon pada musim dingin adalah yang terbesar

Bumi berada paling dekat dengan matahari pada bulan Desember setiap tahun, ini berarti gravitasi dari bintang akan menarik bulan lebih dekat menuju Bumi. Karena efek inilah Supermoon terbesar terjadi pada musim dingin.

6. Supermoon akan terus menjadi lebih kecil dari sebelumnya

Supermoon di masa depan disebut akan menjadi lebih kecil karena bulan perlahan-lahan akan terdorong dari orbit Bumi, bergerak sekitar 3,8 centimeter dari Bumi setiap tahun.

Ilmuwan menduga bahwa pada fenomena Supermoon pertama yang terjadi, jarak awal bulan dengan Bumi berada pada sekitar 22.530 kilometer, sangat dekat, tetapi saat ini pada Supermoon yang telah kesekian kali, jaraknya sudah menjauh sekitar 384.402 kilometer.

7. Supermoon terjadi tiap setahun sekali

Fenomena ini terjadi satu kali tiap tahunnya dan dapat dilihat dari wilayah belahan utara dan selatan. Fenomena Supermoon berikutnya akan terjadi pada Agustus 2014.

Sumber :http://www.seventujuh.com/2013/06/7-fakta-perlu-diketahui-tentang.html#.UdMynDvfAYA

Pasang iklan di blog ini

pasang iklan di blog ini ukuran:
125 x 125 px hanya 20 ribu
600 x 70   px hanya 50 ribu
250 x 250 px hanya 30 ribu
hubungi saya di : andreyantasari@gmail.com atau no.telp : 085776987181 (SMS Only)


Selasa, 02 Juli 2013

Prinsip kerja turbocharger dan supercharger


Turbocharger dan supercharger adalah perangkat yang berguna untuk menambah pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. Kedua perangkat ini sejatinya merupakan 'pompa udara' yang menghisap dan mengalirkan udara ke saluran intake manifold mesin. Perbedaan diantara keduanya ada pada sumber penggerak putaran turbin.

Turbocharger atau yang akrab disebut turbo memiliki dua turbin yang terhubung dalam satu poros. Turbin pertama berfungsi sebagai 'kincir' penggerak yang tenaganya diambil dari 'tiupan' udara sisa pembakaran mesin. Kincir inilah yang berfungsi memutar turbin kedua yang berfungsi sebagai kompresor.

Karena dapat bergerak bebas, turbin kompresor ini dapat berputar hingga lebih dari 70.000 rpm dengan tekanan udara yang sangat besar. Oleh karena itulah perangkat ini diberi katup by pass agar tekanan udara yang dihasilkan tidak berlebihan.

Jika turbo mengandalkan tekanan gas sisa pembakaran, maka pada supercharger memanfaatkan tenaga mesin untuk memutar turbin kompresor. Karena putaran mesin umumnya hanya 'bermain' kurang dari 7.000 rpm maka tekanan yang dihasilkan tidak sedahsyat turbocharger.

Namun supercharger  memiliki keunggulan pada putaran bawah karena perangkat ini sudah mulai bekerja pada rpm rendah. Peningkatan tenaganya pun sangat halus karena putaran turbin selaras dengan putaran mesin.

Sementara itu turbocharger baru akan bekerja ketika mesin berputar pada rpm tertentu agar gas buang memiliki cukup tekanan untuk memutar turbin sekunder. 

Oleh karena itu ketika mesin turbo memiliki kelemahan diputaran bawah. Ia harus mencapai rpm tertentu hingga turbo bekerja optimal. Tenaga mesin akan terasa ada 'kekosongan' pada proses tersebut yang disebut sebagai 'turbolag'.

Menyiasati hal itu, para perancang turbocharger mendesain sudu-sudu turbin dengan kemiringan yang dapat berubah-ubah sehingga saat berputar rendah, turbin utama sudah bisa memberikan tekanan yang cukup. Setelah putaran ideal tercapai, sudu-sudu tadi berubah ke posisi semula. teknologi ini dinamai variable turbine geometry atau variable geometry turbo (VGT).

Putaran turbin yang demikian cepat pada turbocharger membutuhkan pelumasan untuk mencegah keausan pada poros turbin. Umumnya turbo memanfaatkan pelumas mesin. Karena itu mesin turbo tidak dianjurkan untuk dimatikan langsung ketika habis digeber pada kecepatan tinggi.

Pasalnya, jika mesin langsung dimatikan maka secara otomatis suplai oli terhenti, padahal saat itu turbo masih berputar cepat akibat gaya inersia yang masih tersimpan.

Menyiasatinya, beberapa produsen kendaraan melengkapinya dengan turbo timer agar mesin tetap hidup beberapa saat walaupun kunci kontak sudah dicabut. Tujuannya untuk memberikan kesempatan putaran turbin di dalam turbo kembali ke kondisi idle.

Intercooler

Karena perangkat turbo terhubung langsung dengan saluran gas buang yang merupakan sumber panas, maka suhu udara yang terhisap dalam intake manifold juga ikut meningkat. Padahal suhu udara yang panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis.

Pada mesin turbo moderen biasanya dilengkapi intercooler yang dipasang di antara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. Intercooler bentuknya mirip dengan radiator. Bedanya intercooler berfungsi untuk menurunkan suhu udara.



Penambahan intercooler  mampu meningkatkan tenaga mesin turbo sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar

Sumber:

Turbocharger terbesar didunia


Gambar diatas adalah turbocharger TPL-91 yang digunakan mesin diesel kapal dan mesin pembangkit listrik di tengah laut


Turbocharger dalam gambar adalah TPL 91, tiga di antaranya akan cocok di 12K98ME dengan MAN, sebuah mesin yang mungkin Anda lihat pada besar,kapal laut atau pembangkit listrik diesel. TPL 91 memiliki rasio tekanan 4.25. Ini adalah turbocharger raksasa, tidak diragukan lagi.

Seputar turbocharger dan cara kerja

CARA KERJA TURBOCHARGER PADA KENDARAAN

TURBOCHARGER mungkin kita sering mendengar istilah tersebut untuk kendaraan Diesel meskipun sebenarnya Turbocharger dapat di aplikasikan tidak hanya di mesin diesel saja, tetapi kenapa sampai saat ini Turbo Charger banyak digunakan hanya di Mesin diesel saja?? Nah itu yang akan kita bahas lebih dalam, Apa dan bagai mana serta cara kerja Trubo Charger.
Turbo Charger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah kompresor pada umumnya yang merupakan alat mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan fluida mampu mampat. Jika dalam pelajaran Mekanikan fluida dan rekayasa mekanika Teknik Mesin alat ini secara prinsip kerja sama dengan Pompa untuk merubah tekanan agar fluida dapat berpindah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, akan tetapi perbedaannya pada Fluida yang di pindahkan berbeda, untuk pompa mengalirkan Fluida berupa cairan sedangkan kompresor untuk memindahkan fluida berupa gas.

Definisi TurboCharger
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. 

Q: Lalu mengapa Turbocharger tidak diterapkan di Mesin dengan berbahan bakar bensin?
A: Karena mesin bensin memiliki rasio putaran yang tinggi oleh karena itu untuk menggunakan turbocharger  rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah dan itu merupakan sebuah kerugian di mesin bensin.
Sedangkan kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin.

Cara kerja Turbocharger
Gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan (muffler) dialihkan menuju sebuah turbin dengan tujuan untuk memutar sudu / baling - baling  turbin yang di hubungkan dengan shaft / poros kompresor.  Kompresor berfungsi menghisap udara dari luar dan meningkatkan tekanan udara kemudian di alirkan menuju intake manifold sehingga udara dalam ruang pembakaran menjadi bertekanan tinggi sehingga kadar udara yang masuki dalam ruang silinder menjadi lebih besar dan daya meningkat.
Seringkali mesin bekerja melebihi kapasitas sehingga kemungkinan terjadi kelebihan kompresi udara oleh karena itu turbocharger di lengkapi dengan pengatur level udara yang masuk.

Jadi pada intinya Turbocharger adalah sebuah instrumen untuk memaksa udara masuk lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih besar, lebih jelasnya lihat gambar.

CARA KERJA TURBOCHARGER PADA KENDARAAN

Keuntungan Turbocharger:
1. Responsif
2. Ekonomis Bahan Bakar
3. Ramah lingkungan
4. Fun (menyenangkan)

Kekurangan Turbocharger
1. Membutuhkan perawatan ekstra terutama pelumasan
2. Menambah berat kendaraan
3. Boros Oli

Kesimpulan : Turbocharger sangat menguntungkan

Tips Perawatan Turbocharger
  • Service secara rutin
  • Menggunakan oli yang direkomendasi 
  • Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo
  • Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.
  • Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.

Kuburan nelson mandela sudah disiapkan


Pretoria : Kondisi mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela terus memburuk. Keluarganya tampaknya juga sudah mempersiapkan kemungkinan terburuk dengan mempersiapkan kuburan untuk Mandela.

Pria berusia 94 tahun itu sudah dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni 2013 dan kondisinya kritis sejak Minggu kemarin.

Seorang sumber CBS, mengatakan anggota keluarga mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintahan di rumah keluarga di Qunu. Bahkan dua jam setelah pertemuan itu ada mesin penggali yang tiba di lokasi pemakaman, yang diyakini untuk kuburan Mendela.

Ternyata keramaian tak hanya terjadi di Qunu, di rumah sakit Pretoria tempat Mandela dirawat serta di bekas rumahnya di Vilakazi Street, Soweto juga ramai.

Pada Selasa, perwakilan keluarga Mandela, pemimpin suku setempat, serta pejabat pemerintah pusat mendarat di Bandara Mthatha dan bertemu di rumah mandela selama dua jam. Dalam pertemuan itu ada Pelayanan Publik dan Menteri Administrasi Lindiwe Sisulu serta pemimpin UDM Bantu Holomisa, yang terlibat dengan pengaturan pemakaman.

Setelah pertemuan itu, cucu Mandela, Ndaba Mandela, pergi memeriksa kuburan. Penggali tiba sekitar dua jam kemudian dan mobil itu terparkir sekitar 150 meter dari kuburan.

Seperti dikutip news24, Kamis (27/6/2013), Kepala Mfundo Mtirara, yang berkaitan dengan Mandela, dan merupakan kepala dari Matyenenqgina dekat Qunu, mengatakan, pertemuan keluarga membahas masalah yang sangat sensitif dan isi dari diskusi ini hanya dimaksudkan untuk keluarga.

Sementara itu CNN mengutip pernyataan pejabat yang tak disebutkan namanya mengatakan, Mandela kini menggunakan alat pendukung kehidupan. Namun, juru bicara pemerintahan Mac Maharaj tak ingin berkomentar karena itu kerahasiaan dokter pasien.

Mandela dalam beberapa hari belum membuka matanya. Pahlawan anti-apartheid itu terus berjuang mengobati infeksi parunya yang terus berulang. Menurut sumber dailymail, fungsi ginjal dan hatinya tinggal 50 persen.

Sumber: Liputan 6

Fakta tentang nelson mandela

10 Fakta tentang Nelson Mandela

10 Fakta tentang Nelson Mandela
Nelson Mandela saat mengumumkan akan istirahat dari kegiatan publik di tahun 2004. Kesehatan negarawan berusia 94 tahun ini kritis akibat penyakit infeksi paru-paru yang dideritanya. REUTERS/Mike Hutchings/Files.
Pemimpin anti-apartheid Nelson Mandela, biasa dipanggil "Tatu" (kakek) oleh generasi muda, masih dalam kondisi kritis tapi stabil di rumah sakit. Seluruh warga Afrika Selatan mengikuti menit demi menit update berita tentang kesehatan mantan Presiden Afrika Selatan ini. Di luar tembok rumah sakit, warga berkelompok untuk memanjatkan doa bersama. 

Mengapa pria yang dicap sebagai "teroris" dan "revolusioner" oleh rezim apartheid dan menghabiskan 27 tahun hidupnya di penjara menjadi simbol perdamaian dan persamaan ras? Ini dia 10 fakta dalam perjalanan hidup Nelson Mandela yang membuatnya dicintai rakyatnya dan disegani lawan-lawan politiknya:

1. Lahir sebagai anak seorang kepala suku Afrika, Rolilahla "Nelson" Mandela tumbuh menjadi pengacara andal dan salah satu pendiri dari Kongres Nasional Afrika (ANC) yang bangkit melawan pemerintah Afrikaaner baru tahun 1948 dan kebijakanapartheid, atau segregasi rasial yang melembagakan kemiskinan dan ketidaksetaraan bagi warga  kulit hitam di Afrika Selatan.

2. Sebagai seorang aktivis politik dan seorang pria kulit hitam di bawah pemerintahan ekstrem kulit putih, Mandela bergerak di bawah tanah untuk mencegah ditangkap karena kegiatan-kegiatan anti-pemerintahnya. Ia dikenal sebagai "Black Pimpernel"--merujuk pada tokoh fiksi dalam revolusioner Perancis Scarlet Pimpernel--karena karena kemampuannya untuk menghindari polisi menggunakan penyamaran, yang disukainya mengenakan seragam sopir. 

3. Ia membentuk sayap militer ANC, Umkhonto we Sizwe atau MK, pada tahun 1961 dan memimpin kampanye pengeboman terhadap target pemerintah. Ia dituduh berkhianat terhadap pemerintah Afrika Selatan, ditangkap pada tahun 1962 dan didakwa dengan sabotase dan konspirasi untuk menggulingkan pemerintah dengan kekerasan. Dia dibawa ke pengadilan bersama dengan anggota ANC dan pemimpin anti-apartheid lainnya.

4. Pada tanggal 12 Juni 1964, ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan dipenjara di Pulau Robben, 12 kilometer dari Cape Town, di lepas pantai Afrika Selatan di mana ia menghabiskan 18 tahun pertama penahanannya. Nomor penjaranya adalah 46664, yang kemudian menjadi simbol dalam kampanye untuk kebebasannya. Saat di penjara, Mandela hanya diizinkan menerima satu kunjungan setahun dengan durasi 30 menit. Dia juga diizinkan untuk menulis dan menerima hanya beberapa huruf saja. Pemerintah tidak merilis foto-foto Mandela selama bertahun-tahun di penjara sehingga hanya sedikit orang yang tahu seperti apa dirinya hingga di hari pembebasannya.

5. Selama ditahan, Mandela terserang tuberkolusis, yang menyebabkan kerusakan paru-paru. Akibatnya, dia rentan terhadap infeksi paru, seperti yang ia derita hari ini. Dia dipindahkan ke penjara lain, Pollsmoor di daratan, selama sembilan tahun terakhir dari penahanannya.

6. Sebuah kampanye internasional melobi untuk pembebasannya. Sebuah lagu Free Nelson Mandela, ditulis oleh Jerry Dammers dan dilantunkan band Inggris, AKA, menjadi "lagu kebangsaan" untuk pembebasannya.

7. Di tengah meningkatnya perselisihan sipil, pemerintah Afrika Selatan membebaskannya pada tanggal 11 Februari 1990. Mandela berjalan dari penjara dengan istrinya saat itu, Winnie, melambaikan tangan dan tersenyum. Dia kemudian berbicara kepada kerumunan sekitar 50 ribu orang, yang telah menunggu berjam-jam untuk melihatnya. Pada kesempatan itu,  Mandela mengucapkan terima kasih pada "jutaan rekan-rekan saya dan orang-orang di setiap sudut dunia yang telah berkampanye tanpa lelah untuk kebebasan saya".

8. Mandela menjadi Presiden ANC dan memimpin negosiasi dengan Presiden FW de Klerk untuk menghapuskan politikapartheid dan membangun pemilu multiras tahun 1994. Selanjutnya, ANC meraih kemenangan dalam pemilu.

9. Sebagai presiden kulit hitam pertama negaranya, Mandela membentuk Pemerintahan Persatuan Nasional untuk meredakan ketegangan etnis dan membentuk konstitusi baru yang menghapuskan rasisme. Dia melembagakan penyelidikan pelanggaran hak asasi manusia dan memperkenalkan kebijakan untuk mendorong kepemilikan tanah untuk kulit hitam Afrika Selatan, memerangi kemiskinan, dan menyediakan perawatan kesehatan.

10. Mandela dan de Klerk bersama-sama dianugerahi Nobel Perdamaian 1993 "karena pekerjaan mereka untuk penghentian rezim apartheid serta meletakkan dasar bagi demokrasi baru Afrika Selatan". Mandela mundur dari jabatannya pada tahun 1999. Ia mendirikan Yayasan Nelson Mandela untuk memerangi kemiskinan dan HIV/AIDS. Nelson Mandela telah menerima lebih dari 250 penghargaan internasional, termasuk Presidential Medal of Freedom dari Amerika Serikat dan Soviet Order of Lenin.

100 Info Menarik Mengenai Dunia

Di dunia ini terdapat banyak sekali Info Menarik yang mungkin belum anda ketahui oleh karena itu saya akan share semua itu disini, dan inilah 100 Info Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

1. Kurang lebih 400 milyar cangkir kopi telah diminum setiap tahunnya.
2. Beethoven kehilangan pendengarannya ketika ia umur 32 tahun.
3. Ketika bibir kering, hindari menjilat bibir karena itu justru membuat bibir tambah kering.
4. Ada sekitar 13 miliar panggilan telepon setiap harinya di dunia.
5. Setiap hari di seluruh dunia terdapat 1 miliar sms yang dikirim.
6. Thomas Alva Edison telah mematenkan 1093 temuannya.
7. Serangga yang paling lama hidup adalah Ratu Rayap. Dia dapat hidup selama 50 tahun.
8. Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya.
9. Semut Semai (Tomcat) adalah serangga kuno yang diketahui telah ada sejak 200 juta tahun yang lalu.
10. Nama-nama planet di tata surya dipilih oleh para astronom Yunani.
11. Pakaikan astronot terdiri dari 14 lapisan serat sintetis.